NGOPI CANTIK SAMBIL BELAJAR PEDOMAN EJAAN BAHASA INDONESIA

Assalamualaikum Beauties.. 
Siapa disini yang baru belajar ngeblog atau 
baru mau mulai bikin blog ? 
Yang mau mulai aku punya sedikit pedoman nih..  Biar tulisn blog kita bisa bagus dan nyaman untuk di baca,  aku mau  berbagai ilmu yang baru aja aku dapat di ngopi cantik bersama beautiesquad.  Yups beautiesquad beberapa bulan sekali ngadain ngopi cantik tentunya dengan pembahasan berbeda-beda pada setiap di ada kan dan nara sumbernya pun selalu berbeda, di ngopi cantik episode 4 tepatnya 13 januari 2018 ini membawa pembahasan 
 Pedoman Ejaan Bahasa indonesia 


Dengan nara sumber 
Teh Langit Amaravati,
yang akan membagikan materi pedoman ejaan bahasa indonesia, 
Teh Langit Amaravati beliau adalah seorang  cerpenis, blogger dan desainer,  beliau juga profesional blogger dari 

Sebagai beauty blogger pedoman ejaan bahasa indonesia itu penting, apa lagi buat yang masih newbie kaya aku ini,  apa aja yang di bahas  yuk mari di simak bersama-sama. 

 Ejaan 
Yang di maksud ejaan adalah kaidah menggunakan bahasa indonesia, tanda baca, dan tata bahasa lainnya. Ejaan merujuk kepada dua "kitab suci", yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).  Karna bahasa bersifat dinamis, kedua kitab suci ini sesekali mengalami revisi.  Yang terbaru adalah KBBI dan PUEBI 2016.

 Gaya Bertutur 
Jadi apa itu gaya bertutur?  
Sederhananya, gaya bertutur adalah gaya kita menyampaikan sebuah topik baik itu cerita, opini, berita dan sebagainya. Seni menyampaikannya itulah yang disebut gaya bertutur. Santai, serius, humoris, adalah label yang biasa disematkan pada gaya bertutur tersebut.
(Novia Syahida) 

Contoh :
Blogger A menyebut dirinya dengan “saya” dan pembacanya dengan panggilan “Anda”, sedangkan blogger B menyebut dirinya “aku” dan memanggil pembacanya dengan “kamu” ==> ini namanya gaya bertutur.
Atau bedakan gaya bertuturnya Alodita yang cenderung selow dengan blogger Diana Rikasari yang ramai.

Well kenapa tata bahasa penting untuk blogger ? 
Karna blogger penulis sebagai seorang penulisan  yang baik tentu harus peduli dengan teknis penulisan. Naif ya guys kalau sebagai beauty blogger engga harus belajar dan paham ejaan. 
Jadi yuk kita belajar bersama-sama ^_^
Lanjut ke pembahasan berikutnya. 

 Why Penting Menggunakan Tata Yang Benar 
1. Kredibilitas si blogger itu sendiri. Termasuk kaitannya dengan personal branding.
2. Pagerank. Google dalam quality guidelines-nya mengatakan bahwa salah satu faktor yang menentukan peringkat sebuah situs web adalah kualitas tulisan. Di antarnya: ejaan/tata bahasa dan minim typo.
3. SEO. Meski mesin pencari sudah sedemikian pintar sehingga bisa menafsirkan bahkan keyword dan meta description yang salah eja, namun jika ada dua artikel yang membahas topik yang sama, maka yang akan DIPRIORITASKAN untuk tampil di hasil pencarian adalah yang tata bahasanya lebih benar. 
4. Pembaca. Dilihat dari sisi pembaca, apalagi jika pembacanya paham ejaan, membaca artikel yang serampangan itu membuat malas. 
5. Monetisasi. Brand tidak suka meng-hire blogger yang tulisannya berantakan. 
6. Lomba blog. Tata bahasa yang benar adalah salah satu poin penilaian.

Nah..  Gimana guys,  penting kan belajar menggunakan tata bahasa yang benar? 
Belajar menulis yang benar mudah ko guys.. 
Kamu bisa beli buku PUEBI edisi terbaru,  untuk harganya juga engga sampai 100 ribu ko guys,  kalau kalian lagi engga punya butget buat beli bukunya kamu juga bisa mengunduhnya. 
πŸ‘‰πŸ‘‰ Klik Here πŸ‘ˆπŸ‘ˆ
 Jika menemukan kata yang ejaannya meragukan kamu bisa cek di KBBI darling.
πŸ‘‰πŸ‘‰ Klik Disini πŸ‘ˆπŸ‘ˆ
Kuncinya guys terus belajar dan latihan. Biasakan menulis dengan tata bahasa yang  benar baik itu ketika membuat artikel blog atau ketika membuat postingan di media sosial. Semakin kita rajin dan sering dipakai akan semakin paham. 
Jadi jangan malas untuk belajar ya..  πŸ˜‰πŸ˜‰
Oia guys satu hal lagi, ada blogger yang merasa bangga meski tulisannya amburadul alis berantakan dan engga mau belajar hanya karena dia sering dapat sponsored post atau yang biasa kita denger di sebut dengan endorsement. Attitude Maya gitu adalah bumerang buat diri sendiri.  Blogging itu sama seperti karier dan lainnya,  dimana ada iklim persaingan. Setiap hari lahir blogger-blogger baru.  Tentunya dengan kualitas yang engga bisa kita remehkan.  Satu-satunya yang bisa membuat kita stand out from the crowed adalah kualitas. 

Oke sekian dari aku, semoga apa yang aku sampai kan bisa di mengerti dan bermanfaat untuk kalian yang udah baca sampai selesai.  Sampai ketemu di postingan ngopi cantik yang aku ikuti bersama  BEAUTIESQUAD 

Comments

Popular posts from this blog

Makeup Adalah Hak Kami Collaboration - BEAUTIESQUAD

Barbie Make Up Collaboration ( BEAUTIESQUAD)

Ice Cream Make Up Collaboration